KONSEP TATA RUANG KANTOR
Kenyamanan kantor atau perusahaan tempat bekerja menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Terpenuhinya fasilitas-fasilitas mendasar menjadi hal yang wajib dipenuhi. Lalu bagaimanakah idealnya bentuk tata ruang kantor? Mengutip Sukoco, Badir Munir (2007 : 1992), berikut salah satu bentuk ideal tata ruang kantor :
1. Ruang Resepsionis
Idealnya, kantor harus menyediakan sebuah ruangan untuk menerima tamu. Biasanya lobi atau ruang resepsionis menempati posisi paling depan dari sebuah kantor. Ruangan ini harus dirancang seindah dan senyaman mungkin agar para pengunjung atau tamu bisa mendapatkan kesan pertama yang baik. Faktor-faktor seperti intensitas cahaya, suhu, kebersihan dan properti harus benar-benar diperhatikan oleh pimpinan perusahaan. Hal ini akan menjadi sebuah kebanggaan bagi para karyawan dan poin plus untuk layanan perusahaan.
2. Loket Pembayaran
Objek perkantoran yang dijadikan contoh disini adalah Ruang Tata Usaha di sekolah. Tentu saja denah yang dibuat juga harus menyertakan loket pembayaran. Loket pembayaran ini menjadi tempat para siswa atau orang tua untuk membayarkan SPP dan/atau pembiayaan lain ke sekolah. Tempatnya sengaja dibuat dekat dengan lobi agar semakin memudahkan proses pembayaran.
3. Ruang Kerja
Ruang kerja merupakan bagian inti dari perusahaan. Di ruang ini, para pekerja akan menyelesaikan tugasnya masing-masing dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Ruang ini sengaja dibuat terbuka agar komunikasi antar karyawan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, ruang yang didesain terbuka akan memudahkan dalam proses pengawasan.
Ruang kerja juga digunakan sebagai tempat rapat antar karyawan. Fasilitas pendukung yang harus ada di ruang ini adalah proyektor, pengeras suara dan papan tulis.
4. Ruang Istirahat & Mushola
Tak dapat dipungkiri bahwa rasa lelah dan suntuk terkadang menghampiri kita saat bekerja. Rasa ini sangatlah mengganggu kita, terutama tatkala kita sedang punya target tersendiri dalam bekerja. Karenanya, dianggap penting untuk memberikan space di kantor kita untuk ruang tersebut. Para pekerja dapat beristirahat diruang tersebut ketika jam istirahat untuk sekedar mengendurkan urat syaraf yang tegang selama bekerja. Selain tempat peristirahatan, tempat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai mushola bagi para pegawai yang beragama muslim.
5. Ruang Penyimpanan
Setiap kantor atau perusahaan pasti memiliki dokumen-dokumen penting yang harus disimpan baik-baik. Selain aspek keamanan, aspek praktis dan kemudahan dalam mencari dokumen yang diperlukan juga menjadi poin penting. Oleh karena itu, harus ada ruang khusus yang dirancang sebagai tempat penyimpanan dokumen ini. Semakin mudah proses dalam pencarian suatu dokumen, itu berarti kualitas ruang penyimpanan juga semakin baik.
Penulis : Acep Ridwan Maulana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar